Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Kulit Sensitif

Kulit Sensitif merupakan salah satu jenis kulit yang perlu diperhatikan karena jenis kulit yang satu ini sangat rentan mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan pada berbagai faktor mulai dari udara hingga produk perawatan yang mengandung bahan kimia. Pemilik kulit sensitif harus merawat kulitnya dengan baik.

Orang yang memiliki kulit sensitif harus berhati-hati dalam menggunakan produk perawatan kulit tertentu. Karena jika tidak cocok dapat menyebabkan iritasi seperti kulit mengelupas, gatal-gatal, kemerahan, bruntusan hingga panas perih. Pemicu reaksi kulit setiap orang berbeda-beda.

Mengetahui penyebab kulit sensitif juga penting, dengan mengetahui penyebabnya akan membuat kita lebih berhati-hati dalam melakukan perawatan kulit. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab kulit sensitif:

1.Berlebihan dalam Scrub Wajah

Scrub wajah memang memberikan beberapa manfaat untuk kulit wajah mulai dari mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, membuat wajah lebih kenyal, mengurangi produk minyak berlebih dan berbagai kelebihan lainnya. Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit tapi tidak dianjurkan melakukan scrub setiap hari.

Pada dasarnya, kulit memerlukan waktu 2 sampai 3 hari untuk melepas sel kulit mati. Pemakaian scrub setiap hari malah bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi. Selain itu, pengaplikasian scrubbing yang berlebihan juga dapat menyebabkan kulit menjadi merah dan sensitif.

2.Salah Memakai Produk Pembersih

Memilih produk pembersih tidak bisa sembarangan karena jika salah menggunakan produk kecantikan dapat membuat kulit iritasi. Menurut sebuah survei, setidaknya ada sekitar 50% wanita pernah mengalami tanda-tanda kulit sensitif. Biasanya ditandai dengan munculnya rasa perih, gatal, kemerahan, kering, jerawat hingga kulit mengelupas setelah memakai produk tertentu.

Apabila kamu sudah mengalami tanda-tanda kulit sensitif seperti yang sudah disebutkan, kamu harus mulai merawat kulit sensitif dengan melakukan kebiasaan bagus seperti mencuci wajah dua kali sehari, menggunakan tabir surya dan menggunakan rangkaian produk yang dikhususkan untuk jenis kulit sensitif.

3.Terlalu Banyak Menggunakan Produk Kecantikan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebagian orang pun sampai menggunakan berbagai produk kecantikan dalam waktu yang bersamaan. Padahal terlalu banyak menggunakan produk perawatan tidaklah baik untuk kulit bahkan dapat menyebabkan efek samping yang buruk.

Menurut seorang ahli Dermatolog kosmetik sekaligus founder SmarterSkin Dermatology, Sejal Syah mengungkapkan bahwa terlalu banyak menggunakan produk-produk kecantikan dapat memicu munculnya bruntusan. Hal tersebut dipicu dari kulit yang terlalu kering dan mengalami iritasi. Bukan hanya itu, terlalu banyak menggunakan produk kecantikan apalagi jika tidak cocok dengan kulit justru bisa menjadi penyebab kulit sensitif.

4.Polusi Udara

Polusi udara bisa mengakibatkan rusaknya kulit. Kondisi udara yang penuh dengan polusi dapat mengurangi kelembaban kulit dan menyebabkan kulit kusam atau kering. Selain itu, polusi juga dapat menyebabkan kotoran menumpuk di wajah.

Apabila wajah tidak dibersihkan dengan baik maka berkemungkinan besar akan membuat jerawat muncul. Selain itu, kebiasaan mengabaikan proteksi saat menghadapi polusi lama-kelamaan dapat menurunkan ketahanan kulit bahkan bisa menjadi penyebab kulit sensitif.

5.Salah Memilih Klinik Kecantikan

Cara yang tepat untuk melakukan perawatan kulit yakni datang langsung ke klinik kecantikan. Namun, sebaiknya kamu juga perlu memperhatikan apakah klinik kecantikan tersebut sudah aman atau belum.

Pasalnya, kini masih saja ada klinik abal-abal yang dapat membahayakan  bahkan bisa membuat masalah kulit yang ingin diatasi menjadi semakin memburuk. Jadi, pastikan kamu memilih klinik kecantikan yang sudah terbukti keamanannya.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kulit sensitif. Jika kamu sudah terlanjur memiliki kulit sensitif, kamu tetap bisa merawat kulit dengan produk kecantikan tentunya harus disesuaikan dengan jenis kulit kamu ya terlebih merawat kulit sensitif tidak bisa asal-asalan.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif dapat melakukan perawatan dengan produk Sensitive Skin Series dari MySAS Skincare. Sensitive Skin Series membantu merawat kulit sensitif agar tidak terjadi iritasi dan membuat kulit menjadi lembut terawat. Sensitive Skin Series mengandung after peel yang bersifat menenangkan permukaan kulit sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Produk dari MySAS Skincare sudah terbukti keamanannya karena telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Selain produk untuk kulit sensitif, MySAS Skincare juga memiliki beberapa produk perawatan kecantikan lainnya mulai dari Whitening Series for Normal To Dry Skin, Whitening Series for Oily Skin, Acne Series for  Oily Skin and Acne, MySAS After Peel dan MySas Remover. Semua produk tersebut disesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Untuk pemesanan dan informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resminya di http://mysasofficial.com Sudah terbukti berkualitas, banyak pelanggan yang memberikan ulasan positif setelah menggunakan produk dari MySAS Skincare. Kamu bisa melihat galeri dan testimoninya di  https://mysasskincare.com/

Share this post