Cara Mengatasi Penyebab Bintik Hitam di Wajah Dalam 7 Hari

Polusi dan radikal bebas jadi penyebab bintik hitam di wajah yang sulit dihindari. Terutama untuk kita yang berada di daerah perkotaan. Faktor keturunan juga menjadi faktor munculnya masalah ini. Penanganan yang tepat menjadi kunci dalam mengatasi masalah ini.

Bintik hitam di wajah biasa disebut flek hitam merupakan bintik-bintik yang muncul pada kulit wajah. Penyebab bintik hitam di wajah adalah karena meningkatnya melanin atau pigmen alami kulit. Bukan hanya di wajah saja, flek hitam juga dapat muncul di beberapa bagian tubuh lainnya mulai dari leher, dada hingga lengan.

Flek hitam bisa terjadi kepada siapa saja, namun bintik hitam akan lebih terlihat pada orang-orang yang berkulit putih. Flek hitam dapat dialami semua orang dengan segala usia tapi tidak menimbulkan rasa sakit dan juga tidak berbahaya. Meski begitu, flek hitam bisa mengganggu penampilan seseorang.

Penyebab Bintik Hitam di Wajah serta Cara Mengatasinya

Banyak orang yang berusaha menghilangkan bintik di wajah baik dengan menggunakan produk kecantikan, perawatan kulit hingga melakukan terapi laser. Mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab munculnya masalah ini dapat membantu kita menemukan solusi yang tepat.

Lalu, apa sih yang menyebabkan munculnya flek hitam di wajah?

Berikut ini 7 hal yang menjadi penyebab munculnya masalah ini, dan bagaimana mengatasinya dalam 7 hari:

1.Bekas Jerawat

Jerawat adalah salah satu jenis masalah kulit yang paling umum. Meskipun jerawat sudah hilang tapi masih meninggalkan bekas jerawat yang kemudian menjadi noda hitam di wajah.  Bintik hitam yang di sebabkan oleh Jerawat cenderung lebih susah untuk dihilangkan karena itu, kamu harus mencari produk perawatan kulit yang tepat untuk menghilangkan flek hitam tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan anti acne sangat diperlukan. Pilihlah anti acne yang mengandung anti melanin, pelembab, dan bahan-bahan yang dapat mempercepat penyembukan luka bekas jerawat.

Dengan penggunaan teratur ditambah dengan istirahat yang cukup serta jarin membersihkan muka, maka bekas jerawat dapat dihilangkan. Bintik hitam akibat jerawat juga dapat diatasi. Normalnya, bintik hitam akibat bekas jerawat bisa diatas dalam 5-7 hari saja. Lebih dari itu, segera konsultasikan ke ahli kulit ya.

2.Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet yang terdapat pada matahari bisa membahayakan tubuh. Jika terkena sinar ultraviolet yang berlebihan bisa menyebabkan berbagai risiko kesehatan. Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat mengakibatkan berbagai masalah kulit salah satunya adalah flek hitam. Untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet, kamu bisa menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Walaupun sinar surya cukup baik dalam menjaga kulit, namun menghindari sinar matahari secara langsung di cuaca terik adalah wajib. Oleh sebab itu, menggunakan pakaian yang lebih tebal dan tertutup bisa menjadi solusinya.

Perlu diingat juga, pilihlah sunscreen yang memang cocok untuk kulit anda. Jangan sampai anda menggunakan sunscreen yang ternyata kurang cocok dengan jenis kulit, dan justru menyebabkan gejala seperti gatal, iritasi, dan bahkan menjadi penyebab bintik hitam di wajah anda.

3.Hiperpigmentasi

Penyebab bintik hitam selanjutnya yakni karena Hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi merupakan kondisi kulit yang terjadi karena meningkatnya melanin yang berlebihan. Ada beberapa penyebab Hiperpigmentasi seperti gangguan kulit, paparan sinar matahari dan melasma. Biasanya hiperpigmentasi ini berhubungan dengan faktor keturunan.

Walaupun merupakan faktor yang kemungkinan besar bersifat “berdasarkan faktor keturunan” namun hiperpigmentasi dapat diatasi loh. Caranya adalah dengan menekan faktor-faktor yang menyebabkan munculnya gejala hiperpigmentasi.

Cara mencegah Hiperpigmentasi adalah dengan menghindari paparan sinar matahari berlebihan, menggunakan tabir surya dan memakai skincare atau produk yang bisa mengatasi hiperpigmentasi.

4.Kekurangan Vitamin

Vitamin mampu memberikan berbagai manfaat pada tubuh termasuk untuk kesehatan kulit. Kekurangan vitamin E bisa pefnyebab bintik hitam di wajah dan kerutan pada kulit. Hal ini dikarenakan vitamin E memiliki peran penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin K berfungsi untuk meningkatkan proses penyembuhan bekas luka, flek hitam dan juga iritasi kulit. Agar memiliki kulit yang sehat, kamu bisa mulai mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin terutama vitamin D, C, E dan K. Vitamin tersebut sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Mengkonsumsi jeruk bisa membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam di wajah loh. Juga bisa mencegah meningkatnya melanin penyebab bintik hitam atau flek di wajah.

5.Polusi Udara

Polusi udara tidak bisa dianggap remeh karena memiliki berbagai dampak terutama kesehatan kulit. Udara yang tercemar bisa mengakibatkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, rusaknya kolagen kulit hingga flek hitam.

Cara mengatasi hal tersebut yakni dengan melakukan kegiatan di pagi hari, memilih rute perjalanan yang tidak padat kendaraan bermotor, jangan berlama-lama di tempat yang mengandung polusi dan mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan. Kamu juga bisa memakai masker saat berada di tempat yang berpolusi sehingga tidak menghirup debu atau polusi udara.

6.Salah Memilih Produk Kecantikan

Kosmetik maupun skincare adalah produk kecantikan yang biasa digunakan sehari-hari. Produk yang cocok tentu akan memberikan manfaat untuk kulit tetapi jika salah memilih produk kecantikan malah bisa berakibat fatal hingga menimbulkan berbagai masalah kulit salah satunya adalah flek hitam.

Selain salah pemakaian produk, flek hitam juga bisa timbul karena menggunakan produk yang mengandung merkuri. Jadi, pastikan kamu membeli produk yang benar-benar aman dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

Itulah beberapa penyebab bintik hitam di wajah. Tapi jangan khawatir, karena banyak cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah mulai dari cara alami hingga produk kecantikan. Namun, tidak semua produk cocok dengan wajah karena itu kamu harus benar-benar mencari produk yang bagus untuk kulit wajah kamu. Salah satu produk yang terbukti mampu mengusir flek hitam adalah MySAS Dark Spot Series.

Dark Spot Series merupakan produk dari MySAS Skincare yang dapat membantu menyamarkan flek hitam di kulit. Dengan Dark Spot Series mampu membuat tekstur kulit menjadi lebih baik dan menyamarkan flek. Penggunaan Dark Spot Series secara lengkap dan rutin akan memberikan hasil yang optimal.

 Selain untuk flek hitam, MySAS Skincare juga memberikan beberapa paket perawatan kulit wajah lainnya mulai dari Whitening Series for Normal To Dry Skin, Whitening Series for Oily Skin, Acne Series for  Oily Skin and Acne, Sensitive Skin Series, MySAS After Peel dan MySas Remover. Semua produk tersebut memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan jenis masalah kulit.

Untuk info selengkapnya termasuk cara pemesanan, kamu bisa mengunjungi website officialnya di http://mysasofficial.com dalam website tersebut, kamu bisa mengetahui produk dari MySAS Skincare secara lebih lengkap.

7. Kurang Tidur

Flek hitam di wajah juga terjadi karena tubuh yang terlalu lelah. Akibatnya daya tahan tubuh melemah, sel kulit mati menjadi lebih cepat muncul membentuk flek hitam di wajah.

Cara terbaik untuk mengatasi flek hitam akibat kurang tidur adalah dengan mulai mengubah pola tidur. Sebaiknya mulailah tidur minimal 5 jam sehari. Jika memungkinkan, tidur siang juga wajib dilakukan. Terutama saat libur di hari Minggu.

Jangan tidur di jam kantor ya, yang ada malah makin banyak flek hitam gara-gara stress dimarahin boss.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab bintik hitam di wajah yang sering terjadi. Pastikan untuk segera berkonsultasi pada ahlinya jika dalam waktu 7 hari masalah tersebut belum juga hilang ya. Karena menunda penanganan dapat menyebabkan masalah semakin sulit diatasi loh.

Share this post