Begini Lho Cara Hidup Sehat Agar Wajah Tidak Berjerawat

Bagaimana sih cara hidup sehat agar wajah tidak berjerawat? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips untuk kamu.

Salah satu masalah wajah yang sering terjadi adalah jerawat. Ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat mulai dari produksi sebum berlebih, perubahan hormon, stress hingga penggunaan kosmetik yang tidak cocok. Apabila jerawat sudah muncul, kamu butuh perawatan yang tepat untuk menghilangkannya.

Mencegah lebih baik dari mengobati. Karena itu sebelum jerawat muncul, kamu bisa melakukan berbagai hal untuk mencegah jerawat. Salah satunya dengan gaya hidup sehat. Bagaimana sih cara hidup sehat agar wajah tidak berjerawat? 

1.Tidur yang Cukup

Kurang tidur bisa memberikan dampak yang buruk bagi kecantikan. Bukan hanya menyebabkan kantung mata tetapi juga bisa mengakibatkan jerawat. Kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga kulit lebih rentan terkena bakteri penyebab jerawat. 

Sebaiknya jangan terlalu sering begadang. Atur kualitas tidur yang baik sekitar 7-8 jam setiap malam. Tidur yang cukup memungkinkan proses perbaikan jaringan kulit berjalan optimal, karena asupan oksigen yang dibawa oleh aliran darah ke kulit saat tidur akan meningkat. Hal ini bisa memperbaiki kulit.

2.Perbanyak Minum Air

Air sangat penting bagi tubuh. Tubuh membutuhkan air untuk menjaga kinerja organ yang optimal serta menjaga kesehatan kulit. Tahukah kamu? minum air putih juga bisa mencegah dan mengurangi jerawat lho.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di jurnal Dermato Endocrinology menjelaskan memperbanyak minum air putih mampu mencegah jerawat karena meningkatkan hidrasi kulit menjadi lebih baik. Dengan meningkatkan asupan air putih harian bisa membantu meningkatkan kelembaban permukaan kulit.

3.Jaga Pola Makan

Jika terlalu banyak insulin dalam tubuh bisa menyebabkan perubahan metabolisme tubuh yang memperlambat penyembuhan jerawat yang sudah ada. Selain itu, Insulin juga akan menyebabkan produksi sebum (minyak) berlebih sebagai penyebab jerawat.

Karena itu, sebaiknya hindari makanan dan camilan yang bisa meningkatkan kadar gula darah dan memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh. Dengan mengganti pola makan dengan menu makanan yang lebih sehat mampu menghilangkan jerawat membandel di wajah.

4.Rajin Mencuci Wajah

Setelah beraktifitas tentu banyak bakteri dan kotoran yang menempel di wajah. Mencuci wajah memiliki banyak manfaat untuk kulit mulai dari membersihkan pori-pori, mencegah kulit kusam, memaksimalkan regenerasi kulit, mencegah penumpukan sel kulit mati hingga mencegah komedo dan jerawat.

Jerawat dan komedo disebabkan karena tersumbatnya pori-pori oleh sisa kotoran di wajah. Dengan rutin mencuci wajah bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Setidaknya dengan rutin mencuci wajah paling tidak 2 kali atau lebih dalam sehari akan sangat bermanfaat untuk wajah.

5.Memakai Tabir Surya

Terlalu lama terpapar sinar ultraviolet matahari dapat meningkatkan peradangan, kemerahan, dan munculnya flek hitam pada wajah. Memakai tabir surya yang mengandung SPF mampu melindungi kulit dari sinar matahari secara lebih efektif. Selain itu, SPF memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Apabila kulit sangat rentan mengalami jerawat bisa memilih tabir surya yang mengandung senyawa kimia ringan, seperti avobenzone, oxybenzone, methoxycinnamate, octocrylene, dan zinc oxide. Selain itu, memilih tabir surya dengan label “noncomedogenic” juga menjadi pilihan yang tepat karena bisa mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat baru.

6.Memakai Pembersih Sesuai Jenis Kulit

Memiliki kulit berjerawat memang harus extra berhati-hati dalam memilih produk kecantikan termasuk pembersih wajah. Sebaiknya pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, memilih pembersih wajah juga sangat penting dalam menjaga pola hidup sehat untuk mencegah jerawat.

Pembersih wajah bisa membantu membersihkan wajah dari bakteri dan kotoran yang menumpuk. Pilihlah pembersih wajah yang mengandung AHA (seperti glycolic acid), BHA (seperti salicylic acid), tea tree, benzoyl peroxide, glycerin, hyaluronic acid, dan madu. Kandungan tersebut dipercaya mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat, anti-inflamasi, mengontrol minyak berlebih, dan membersihkan wajah hingga ke pori.

7.Membersihkan Make Up Sampai Bersih

Memakai make up memang hal lumrah bagi wanita. polesan make up dinilai bisa mempercantik wajah. Namun jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa make up sampai bersih ya. Karena jika kotoran masih tertinggal di pori-pori bisa berpotensi menimbulkan jerawat.

Selain itu, make up yang dibiarkan dan tidak dibersihkan saat malam hari akan menyerap bersamaan dengan produksi minyak pada kulit wajah. Kotoran akan masuk ke dalam pori-pori dan menyumbatnya. Hal tersebut bisa mengakibatkan munculnya berbagai permasalahan kulit seperti komedo, jerawat hingga terjadinya peradangan pada kulit.

Jika kamu memiliki masalah dengan jerawat yang tak kunjung sembuh, kamu bisa mengatasinya dengan produk kecantikan. Salah satu produk untuk menghilangkan jerawat adalah Acne Series for Oily Skin and Acne dari MySAS Skincare.

Acne Series for Oily Skin and Acne berfungsi untuk membersihkan minyak dan bakteri penyebab jerawat secara menyeluruh, menghambat tumbuhnya bakteri penyebab jerawat hingga menyerap minyak berlebih sekaligus mencerahkan wajah.

Itulah cara hidup sehat agar wajah tidak berjerawat yang bisa kamu terapkan dalam keseharian. Merawat kulit tidak hanya dari luar saja, menjalankan gaya hidup sehat juga sangat bagus untuk kesehatan kulit.

Share this post