Begini Cara Membedakan Flek Hitam dan Tahi Lalat di Wajah

Sangat penting untuk mengetahui cara membedakan flek hitam dan tahi lalat di tubuh kita. Terlebih lagi membedakannya dari tanda lahir. Juga sangat penting untuk tahu apakah kondisi tersebut berbahaya.

Jika dilihat sekilas flek hitam dan tahi lalat terlihat hampir sama karena berwarna hitam dan cenderung berbentuk kecil bulat. Meskipun mirip, namun sebenarnya titik-titik yang muncul pada wajah dan tubuh memiliki ciri khas yang berbeda. 

Bagaimana Cara Membedakan Flek Hitam dan Tahi Lalat?

Pada dasarnya perbedaan flek hitam dengan tahi lalat ada pada penyebab munculnya, cara mengatasinya, dan efeknya pada tubuh.

Jangan sampai keliru membedakan tahi lalat dengan flek hitam. Karena pada dasarnya, ada tahi lalat yang berbahaya bagi kesehatan dan menjadi tanda adanya masalah di tubuh. Juga sangat penting untuk tahu bagian hitam yang muncul di tubuh itu adalah flek hitam atau justru tanda adanya masalah kesehatan.

Perbedaan Definisi Tahi Lalat dengan Flek Hitam

Tahi Lalat adalah bintik kecil yang muncul pada permukaan kulit, biasanya berwarna coklat dan agak kehitaman. Selain berwarna agak gelap maupun cokelat, tahi lalat juga bisa berwarna sama dengan warna kulit. Bentuknya juga bervariasi ada yang menonjol, oval, bulat dan datar. Ciri tahi lalat lainnya yakni ada yang halus, kasar maupun tumbuh bulu.

Flek hitam dan tahi lalat memiliki perbedaan yang cukup ketara. Flek hitam adalah bintik-bintik yang muncul pada kulit terutama wajah. Biasanya berwarna hitam kecoklatan dan sering muncul di segala usia. Bukan hanya di wajah, bintik hitam juga dapat muncul di beberapa bagian tubuh lainnya seperti bahu, leher, dada, punggung hingga lengan.

Jadi dapat dikatakan tahi lalat biasanya berbentuk bintik (jumlahnya hanya 1-2 dalam area tertentu. Sementara flek hitam berbentuk bintik-bintik (jumlahnya banyak).

Penyebab Munculnya Tahi Lalat dan Flek Hitam

Salah satu penyebab tahi lalat adalah karena adanya melanosit yang berkumpul dalam satu daerah permukaan kulit. Melanosit akan membentuk pigmen untuk menutupi permukaan kulit, hal ini terjadi karena melanosit tidak menyebar ke permukaan kulit tersebut. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa tahi lalat bisa hadir karena faktor genetika atau turun-temurun.

Selain cara membedakan flek hitam dan tahi lalat kita juga perlu tahu penyebab munculnya dua hal yang kerap disebut masalah kulit ini. Dengan demikian kita bisa menentukan solusi yang tepat untuk menghilangkan flek hitam maupun tahi lalat.

Ada beberapa penyebab flek hitam mulai dari bekas jerawat, salah memilih produk kecantikan, polusi udara, kekurangan vitamin, hiperpigmentasi dan paparan sinar matahari. Flek hitam juga bisa disebabkan karena meningkatnya produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang berfungsi untuk menentukan warna kulit, mata dan rambut.

Jika bagian kulit tertentu memiliki banyak melanin maka bisa membuat warna menjadi lebih gelap dibanding kulit lainnya, sehingga terlihat seperti bintik-bintik.

Faktor genetik juga bisa meningkatkan melanin pada tubuh seseorang. Biasanya orang yang berkulit putih dan memiliki rambut merah atau pirang lebih rentan mengalami flek hitam terutama di wajah.

Perbedaan Efek pada Tubuh

Ada yang menyebut memiliki tahi lalat di wajah dapat menambah kecantikan wanita tapi ada juga yang mengatakan tahi lalat di wajah justru mengganggu penampilan. Karena itu ada sebagian orang yang memutuskan untuk menghilangkan tahi lalat. Menggunakan cara alami tentu bisa tapi mungkin butuh waktu yang lama. Kebanyakan orang memilih menggunakan obat penghilang tahi lalat.

Meskipun tidak berbahaya bagi kesehatan tapi flek hitam yang muncul di wajah dapat mengganggu penampilan seseorang. Karena itu, tak sedikit orang yang mencari cara menghilangkan flek hitam. Ada beberapa cara menghilangkan flek hitam mulai dari menggunakan produk perawatan kulit, terapi laser dan berbagai cara lainnya. 

Mengetahui cara membedakan flek hitam dan tahi lalat sangat penting untuk memastikan produk apa yang perlu digunakan. Karena menggunakan penghilang flek hitam di wajah untuk menghilangkan tahi lalat tidak akan memberikan hasil. Begitu juga sebaliknya.

Ada dua jenis tahi lalat yakni tahi lalat hidup dan tahi lalat mati. Tahi lalat hidup bisa membesar dan cenderung berbahaya sedangkan tahi lalat mati tidak berkembang atau menjadi besar. Sementara tahi lalat yang harus diwaspadai adalah tahi lalat melanoma. Apa itu melanoma?

Tahi lalat melanoma merupakan salah satu jenis kanker kulit yang bisa menyebar dengan cepat dan sangat ganas. Gejalanya mirip dengan tahi lalat. Ciri-ciri melanoma seperti tahi lalat berbentuk asimetris, tahi lalat semakin membesar bahkan ukurannya lebih dari 6mm, Warnanya lebih gelap dan berbeda dengan yang lainnya serta tahi lalat terasa gatal dan sakit.

Gejala dari flek hitam biasanya terlihat mirip bercak atau bintik noda berwarna lebih gelap dari kulit lainnya tapi lebih datar dan tidak menonjol. Umumnya, flek hitam tidak berbahaya bagi kesehatan, tidak bisa berubah menjadi kanker kulit dan juga tidak menimbulkan rasa sakit.

Itulah cara membedakan flek hitam dan tahi lalat. Nah, sekarang kamu bisa mengatasi bintik hitam di wajah menggunakan Dark Spot Series. Dark Spot Series adalah produk dari MySAS Skincare yang membantu menyamarkan flek hitam di kulit sehingga membuat tekstur kulit menjadi lebih baik. Dengan memakai MySAS Dark Spot Series secara lengkap dan rutin akan memberikan hasil yang optimal.

Mengapa harus MySAS Skincare? MySAS Skincare adalah produk skincare baru yang mengutamakan kualitas produk dan kepuasan bagi penggunanya. Produk MySAS Clinic Formulation sudah mendapatkan izin Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) sehingga sangat bagus menjadi pilihan kamu yang ingin merawat kulit dengan cara aman.

MySAS Skincare telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang telah menggunakan produk dari MySAS Skincare kamu bisa melihat galeri dan testimoninya di https://mysasskincare.com/ jika ingin langsung memesan atau mengetahui produk MySAS Skincare lainnya, kamu bisa mengunjungi website resminya di http://mysasofficial.com maupun di social media resminya.

Ya, begitulah beberapa cara membedakan flek hitam dan tahi lalat dengan tanda lahir. Juga sedikit cara untuk mengatasi flek hitam tersebut. Semoga informasi yang diberikan ini bermanfaat untuk kita semua.

Share this post